Minggu, 19 Juni 2011

Apa itu Menwa.....?

PENGERTIAN
Pengertian Menwa adalah sebagai wadah, yang merupakan sarana pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan dan peningkatan keikutsertaan dalam upaya bela negara yang disusun, diorganisasikan, dan dibentuk secara kewilayahan pada setiap propinsi Daerah Tingkat I, dan sebagai Satuan Resimen Mahasiswa (Satmenwa) di Perguruan Tinggi.
Sebagai perorangan, yang merupakan anggota Menwa yang telah mengikuti latihan dasar Menwa.
Sebagai satuan, yang merupakan kesatuan Menwa yang ada di Perguruan Tinggi. Yang anggotanya terdiri atas mahasiswa yang telah mengikuti latihan dasar Menwa.
TUJUAN
Tujuan Resimen Mahasiswa (Menwa) adalah: Sebagai wadah penyalur potensi Mahasiswa dalam rangka mewujudkan hak dan kewajiban warga negara dalam bela negara. Mempersiapkan Mahasiswa Unnes yang memiliki sikap disiplin, pengetahuan, kekuatan mental dan fisik agar mampu melaksanakan tugas bela negara. Mempersiapkan Mahasiswa sebagai bagian dari potensi rakyat dalam rangka Sishankamrata
KEDUDUKAN FUNGSI DAN TUGAS POKOK
Kedudukan
Menwa sebagai salah satu unsur pelaksana bela negara pada setiap propinsi Daerah tingkat I, yang dipimpin Komandan Resimen Mahsiswa (Danmenwa).
Satmenwa sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa diperguruan tinggi dipimpin oleh seorang Komandan Satuan Resimen Mahasiswa (Dansat Menwa).

Fungsi
Bersama dengan mahasiswa lain membantu terwujudnya kehidupan kampus yang tenteram dan tertib.
Membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan dan program Perguruan Tinggi dan program kemahasiswaan yang lainnya.
Membantu menumbuhkan dan meningkatkan sikap bela negara kepada masyarakat.
Membantu terwujudnya penyelenggaraan fungsi Linmas (perlindungan masyarakat) di Perguruan Tinggi.
Membantu Pemerintah Daerah dalam rangka melaksanakan fungsi Tibum.
Membantu menanggulangi bencana dikampus/ masyarakat.

Tugas Pokok
Merencanakan, mempersiapkan, dan menyusun seluruh potensi mahasiswa dalam memantapkan ketahananan nasional dengan melaksanakan usaha dan atau/kegiatan ratih (rakyat terlatih).

0 komentar:

Posting Komentar